PENGERTIAN DAN TUJUAN

Pengertian dan Tujuan Pengukuran, Penilaian, Evaluasi Pembelajaran

  • Mengukur Adalah Membandingkan sesuatu dengan satu ukuran tertentu bersifat kuantitatif .
  • Menilai Adalah Mengambil Suatu Keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk, penilaian bersifat kualitatif .
  • Mengadakan evaluasi berarti meliputi kedua langkah di atas, yakni mengukur dan menilai
  • Pengukuran, penilaian dan evaluasi merupakan kegiatan yang bersifat hierarki.
  • Artinya ketiga kegiatan tersebut dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar tidak dapat dipisahkan satu sama lain dan dalam pelaksanaannya harus dilaksanakan secara berurutan
  • Pengukuran berusaha menjawab pertanyaan ”HOW MUCH”
  • Penilaian berusaha menjawab pertanyaan ”WHAT VALUE”
  • Evaluasi Menurut Suharsimi Arikunto (2004: 1) adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil keputusan
  • Tujuan evaluasi dalam proses pembelajaran adalah :
    • Mengetahui apakah materi yang di pelajari dapat dilanjutkan dengan bahan yang baru/diulangi
    • Untuk mengetahui taraf efisiensi metode yang di gunakan oleh pendidik
    • Untuk mengetahui efektifitas proses pembelajaran yang dilaksanakan
    • Untuk mengetahui apakah komponen-komponen dalam proses pembelajaran sudah memberikan kontribusi positif bagi proses pembelajaran.
    • Untuk mengetahui kesesuaian presepsi dan pemikiran peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.

    • Mengetahui sejauh mana perkembangan dari pelaksanaan pembelajaran
    • Mengetahui perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan apa yang terjadi pada peserta belajar
    • Mengetahui sejauh mana ketercapaian tujuan
    • Mengetahui dampak apa yang terjadi dari proses pembelajaran
    • Bahan pertimbangan untuk menentuakan proses selanjutnya agar lebih efektif dan efisien
    • Mengajak kepada semua pihak untuk lebih bertanggungjawab terhadap apa yang telah dilakukannya
    • Menemukan pada bagian-bagian mana dari proses pembelajaran yang dianggap belum berhasil
    • Mengungkapkan kerugian dan manfaat dari proses pembelajaran
    • Mengungkapkan faKtor-faktor pendukung dan penghambat dari proses pembelajaran
    • Menentukan apakah pendekatan dan teknik yang digunakan dalam pembelajaran sudah tepat
    • Menentukan tepat atau tidaknya media yang digunakan sesuai dengan kebutuhan belajar peserta belajar
    • Menentukan apakah fasilitator memberikan kemudahan peserta belajar memahami materi kegiatan pelatihan, pembelajaran.
    • Menentukan tingkat kemajuan pelaksanaan pembelajaran



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s